KISI – KISI  SOAL SEMESTER GANJIL

TP. 2020/2021

 

NAMA SEKOLAH              : SMK MUHAMMADIYAH 8  MEDAN              MATA PELAJARAN  : Al Quran

BIDANG KEAHLIAN        : SEMUA BIDANG                                                  KELAS                          : X

PROGRAM KEAHLIAN    : SEMUA PROGRAM                                            NAMA GURU              : Andi Syah Putra M.Kom.I

KOMP. KEAHLIAN            : SEMUA KOMPETENSI

 

 

NO.

KOMPETENSI

DASAR

 

BAHAN

 KELAS/

SEMESTER

MATERI PEMBELAJARAN

INDIKATOR

SOAL

BENTUK SOAL

 

KET

P.

GANDA

ESSAY

1.

KD-KI -2  Berprilaku  hubungan antara kualitas keimanan dengan control diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzza), dan persaudaraan (ukhuwah). Sesuai dengan pesan Q.S Al- Hujurat (49) : 10  dan 12 serta hadis terkait.

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

 

 

 

 

·    Menghiasi diri dengan Akhlak terpuji.

 

Memahami makna (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzza), dan persaudaraan (ukhuwah).

 

 

2.

KD-KI-2 Menyajikan hubungan antara kandungan Q.S al –Baqarah (2):30, adz. Dzaraiat(51): 56 dan An nahl (16): 78 tentang kedudukan manusia sebagai Abdullah, Khalifatullah fil Ardh  dan hadis terkait.

 

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

·         Makna

a.Kontrol diri (mujahadah an nafs),

b.Prasangka baik (husnuzza),

c. dan Persaudaraan (ukhuwah

 

 

 

Menerapkan makna

a.       Abdullah

b.      Khalifatullah fil Ardh

 

 

 

3.

KD-KI-3 Menganalisa Q.S al –Hujurat (49): 10-12; serta hadis tentang  control diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzza), dan persaudaraan (ukhuwah).

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

Taat beribadah dan khalifah yang amanah

Menganalisa makna Q.S al Baqarah (2) 30 dan  adz (51) : 56 dan an Nahl (16) :76 tentang kedudukan manusia sebagai abdullah fil ardh

 

 

4.

KD- KI-4 Mendemontrsikan hafalan Q.S Al- Hujurat (49) : 10  dan 12 sesuai dengan kaidah tajwid dan Makharijul Huruf.

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

·         Makna

a. Abdullah

b. Khalifatullah fil Ardh

 

Membaca Q.S al Baqarah (2) 30 dan  adz (51) : 56 dan an Nahl (16) :76 tentang kedudukan manusia sebagai abdullah fil ardh dan hadis terkait 

 

 

5.

KD-KI-4 membaca hafalan Q.S Al- Hujurat (49) : 10  dan 12 serta hadis terkait dengan fasih dan lancar.

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

 Hadis hadsi terkait

a. Abdullah

b. Khalifatullah fil Ardh

 

 

Menyajikan hubungan antara kandungan Q.S al Baqarah (2) 30 dan  adz (51) : 56 dan an Nahl (16) :76 tentang kedudukan manusia sebagai abdullah fil ardh dan hadis terkait 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 8                                                                                                                     Medan,  13 Desember 2021

                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

(Luliadi SP.d   )                                                                                                                                                (Andi Syah Putra M.Kom.I)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NASKAH SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN

UJIAN SEMESTER GANJIL TH. AJARAN 2021/2022

 

NO SOAL

SOAL

  SKOR/

BOBOT

KUNCI JAWABAN

1. 

Tuliskan  apa yang dimaksud dengan

a.       Pengandalian diri ( Mujahadah an–Nafs)

b.      Prasangka Baik (huznuzzan)

c.       Persaudaraan (ukhuwah

 

10

Makna

  1. Adalah menahan diri dari segala prilaku yang dapat merusak diri sendiri dan juga orang lain, seperti sifat serakah atau tamak.
  2. Berasal dari bahasa Arab yaitu husnu yang artinya baik, dan zan yang artinya prasangka. Jadi husnuzzan artinya prasangka baik.
  3. Adalah adanya perasaan simpati dan empati antara dua orang atau lebih.  

2.

Tuliskan makna

a. Abdullah

b. Khalifatullah fil Ardh

 

10

Makna

  1. Hamba Allah  adalah makhluk Allah yang memiliki kewajiban me;laksanakan semua perintahNya dan menjauhi segala sesuatu yang dilarang.
  2. Khalifatullah fil Ardh  adalah tugas yang diberikan oleh Allah kepada manusia dan memiliki tugas dan kewajiban untuk menegakkan aturan aturan Allah dimuka bumi .

3.

Sebutkan tiga larangan yang terkandung dalam Q.S al Hujarat /49:12?

10

 

 

 

 

 

 

  1. Jauhi prasangka buruk itu dosa
  2. Jangan mencari cari kesalahan orang lain
  3. Jangan mengunjing sebagian yang lain

 

 

 

4.

Tuliskan 4 upaya pelajar Muhammadiyah dalam menghindari tawuran pelajar ?

 

10

  1. Tidak membuat onar yg dapat memancing emosi siswa lain.
  2. Tidak mudah emosi.
  3. Senantiasa menghindari pertentangan.
  4. Hidup rukun dengan teman

 

5.

Tuliskan apakah perbedaan Suuzan dan Husnuzan ?

 

10

husnuzan yaitu berprasangka baik kepada orang lain,dan kepada allah swt,, sedangkan su'uzon yaitu berprasangka buruk kepada orng lain yang mengakibatkan suatu fitnah terhadap orang tersebut

6.

Tuliskan tiga contoh maad Asli (Maad Thabii) ?

 

10

Apabila ada fathah diikuti alif contohnya الْكِتَابَ

Apabila ada kasroh diikuti ya' sukun contohnya فِيْ

Apabila ada dhommah diikuti wawu sukun contohnya وَرَسُولُهُ

 

7.

Tuliskan kembali Q.S al Isra’/17;32 beserta terjemhanya ?

 

10

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

Artinya: "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32).

8.

Sebutkan hukum bagi pezina yang terkandung dalam   Q.S an Nur 24/2?

 

10

Menurut Surah An-Nur ayat 2 bahwa hukuman bagi pelaku Zina adalah dengan didera sebanyak SERATUS KALI. Menurut tafsir Al-Jalalain bahwa deraan sebanyak serratus kali ini adalah hanya ditujukan bagi para pezina GHAIRU MUHSAN yakni perempuan dan laki-laki yang belum pernah menikah.

9.

Sebutkan 5 upaya pelajar muhammadiyah dalam rangka menghindari perbuatan zina ?

 

10

1.   berpegang pada Al qur'an dan assunnah,

2.   menjaga pandangan,

3.   membatasi pergaulan,

4.   serta menghindari segala hal yang menjerumuskan kepada zina

5.   Segera menikah

 

10.

Tuliskan lima hikmah dilarang perzinaan dalam islam ?

 

10

·         Mencegah penularan penyakit kelamin.

·         Mencegah hidup yang terlalu mencintai dunia.

·         Mengurangi resiko perceraian dalam hubungan pernikahan.

·         Membuat kehidupan dalam bermasyarakat menjadi lebih harmonis.

·         Mengurangi resiko pengguguran anak dengan segaja.

·         Membuat kejelasan dalam keturunan.

·         Menjaga derajat wanita.

 

 

 

Mengetahui,

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 8                                                                                                                     Medan,  13 Desember 2021

                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

(Luliadi SP.d   )                                                                                                                                              (Andi Syah Putra M.Kom.I)

 

 

 

 

 

KISI – KISI  SOAL SEMESTER GANJIL

TP. 2020/2021

 

NAMA SEKOLAH              : SMK MUHAMMADIYAH 8  MEDAN              MATA PELAJARAN  : Al Quran

BIDANG KEAHLIAN        : SEMUA BIDANG                                                  KELAS                          : XI

PROGRAM KEAHLIAN    : SEMUA PROGRAM                                            NAMA GURU              : Andi Syah Putra M.Kom.I

KOMP. KEAHLIAN            : SEMUA KOMPETENSI

 

 

NO.

KOMPETENSI

DASAR

 

BAHAN

 KELAS/

SEMESTER

MATERI PEMBELAJARAN

INDIKATOR

SOAL

BENTUK SOAL

 

KET

P.

GANDA

ESSAY

1.

Terbiasa membaca Al Quran dengan menyakini bahwa mentaati aturan,tanggung jawab,berkopetensi dalam kebaikan dan kerja keras  adalah perintah agama.

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  XI

·    Menjadi pribadi Muslim yang Taat, Kompetitif dan perkrja keras Q.S al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59.

Memahami Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait

 

 

2.

Menganalisa  Q.S al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59 dan Q.S at-Taubah/9:105 tentang taat  aturan,tanggung jawab,berkopetensi dalam kebaikan dan kerja keras serta hadis

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas XI

Menjadi pribadi Muslim yang Taat, Kompetitif dan perkrja keras Q.S at-Taubah/9:105 serta hadis terkait.

 

 

Menerapkan Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta dalam kehidupan sehari hari Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait

 

 

3.

Membaca Q.S al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59 dan Q.S at-Taubah/9:105  sesuai dengan kaidah tajwid dan Mkharijul Huruf

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  XI

·    Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44.

 Menjelaskan Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait

 

 

4.

Berprilaku taat  aturan,tanggung jawab,berkopetensi dalam kebaikan dan kerja keras serta hadis terkait

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  XI

Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait

Menerapkan hukum bacaan dalam membaca a Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait

 

 

5.

Mendemontrasikan hafala Q.S al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59 dan Q.S at-Taubah/9:105 dengan fasih dan Lancar

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  XI

·    Membaca  Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait sesuai dengan kaidah Tajwid dan Makharijul Huruf

Menganalisis Kandungan ayat Q.S  al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 8                                                                                                                     Medan,  13 Desember 2021

                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

(Luliadi SP.d   )                                                                                                                                                (Andi Syah Putra M.Kom.I)

 

 

NASKAH SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN

UJIAN SEMESTER GANJIL TH. AJARAN 2021/2022

 

NO SOAL

SOAL

  SKOR/

BOBOT

KUNCI JAWABAN

1. 

Tuliskan kembali Q.S at Taubah/9:105 ?

 

10

 

Q.S At-Taubah ayat 105 sebagai berikut,

 وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ

105. Dan katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”



 

2.

Berdasarkan Q.S at Taubah/9:105 tuliskan sikap dan prilaku dalam kehidupan sehari hari yang harus dimiliki pelajar muhammadiyah ?

 

10

·         Menjadikan segala bentuk aktifitas kehidupan di dunia baik ketika bekerja maupun belajar guna menambah keimanan serta ketakwaan terhadap Allah SWT.

·         Menciptakan atau memperoleh pekerjaan yang halal dan tidak melanggar aturan agama Islam.

·         Senantiasa berikhtiar dengan sungguh-sungguh atas apa yang ingin diupayakan.

·         Mengimani segala hal dan bentuk yang nyata maupun ghaib.

·         Mempersiapkan bekal kematian dengan sebaik mungkin.

·         Berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

·         Menghindari perilaku malas dan sejenisnya.

 

3.

Berdasarkan isi hadis H.R. muttafaqun ‘Alaihi tentang kerja keras tuliskan dan prilaku dalam kehidupan sehari hari yang harus dimiliki pelajar muhammadiyah    ?

10

 

-Semakin giat beribadah dan semakin banyak kita menerima nikmat Allah maka semakin giat kita beribadah

 

4.

Jelaskan isi kandungan Q.S’/4:59?

 

10

·         Orang-orang yang beriman wajib taat kepada Allah dan Rasulullah secara mutlak. Yakni mengamalkan Al Quran dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

·         Wajib taat kepada ulil amri selama tidak bertentangan dengan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika ulil amri memerintahkan sesuatu yang bertentangan dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah atau untuk bermaksiat kepada Allah, maka tidak ada kewajiban taat kepadanya.

·         Al Quran dan hadits adalah sumber hukum Islam. Ketika ada hal-hal yang diperselisihkan, harus dikembalikan kepada keduanya.

·         Menjadikan Al Quran dan hadits sebagai sumber hukum dan mengembalikan kepada penilaian keduanya ketika terjadi perselisihan adalah bukti keimanan. Orang yang tidak mau menjadikan Al Quran dan hadits sebagai hakimnya, keimanannya dipertanyakan.

·         Kembali kepada Al Quran dan hadits akan menghasilkan penyelesaian yang lebih baik dan membawa keberkahan.

 

5.

Sebutkan 15 huruf ikhfa ?

 

10

-kaf ( ك ),
- qaf ( ق ),
- fa' ( ف ),
- zha ( ظ ),
- tha ( ط ),
- dhad ( ض ),
- shad ( ص ),
- syin ( ش ),
- sin ( س ),
- za' ( ز ),
- dzal ( ذ ),
- dal ( د ),
- jim ( ج ),
- tsa' ( ث ), dan
- ta' ( ت )

6.

Jelaskan  apa pendapatmu tentang fenomena oknum pelajar muhammadiyah yang masih sering meninggalkan shalat 5 waktu ?

 

10

Dalam Surah an-Nisa pada ayat 59 menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman harus menjalankan sholat 5 waktu. Barangsiapa yang meninggalkan sholatnya maka dia akan celaka dan kalau kita menjalankannya maka kita akan di beri kemulian. Shalat adalah kewajiban bagimu yang tidak dapat dikerjakan orang lain untuk dirimu.

7.

Tuliskan Q.S Ar Rum/30:8 beserta terjemahnya nya ?

 

10

  • اَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوْا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ ۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَآ اِلَّا بِالْحَقِّ وَاَجَلٍ مُّسَمًّىۗ وَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ بِلِقَاۤئِ رَبِّهِمْ لَكٰفِرُوْنَ

8. Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar mengingkari pertemuan dengan Tuhannya.

 

8.

Berdasarkan Q.S Ar Rum/30:8 tuliskan sikap dan prilaku dalam kehidupan sehari hari yang harus dimiliki pelajar muhammadiyah ?

 

10

Allah tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan

9.

Jelaskan hikmah dari penciptaan langit, bumi dan segala sesuatu diantara keduanya dalam 6 hari ?

 

 

10

Hikmah dari penciptaan langit dan bumi dan segala sesuatu di antara keduanya dalam 6 hari adalah agar manusia berpikir, dan agar manusia itu dapat mensyukuri segala ciptaan Allah SWT.

10.

Jelaskan 2 hukum tajwid membaca lamjalah atau lafazd Allah ?

10

1.  Dibaca tebal (Lam jalalah tafkhim) Cara ini dilakukan apabila lam jalalah berada di awal kalimat, setelah harakat fathah, atau setelah harakat damah. Contoh hukum bacaan lam jalalah tafkhim: اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ Lam jalalah berada di awal kalimat setelah harkat fathah dibaca tafkhim. Cara membacanya: Allahu laailaaha illa huwal khayyul qayyum. Terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 2. وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ ذُو انْتِقَامٍۗ Dibaca: Wallahu 'azizun dzungtiqoom. Surat Ali Imran ayat 4. فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ Lam jalaln berada di tengah setelah huruf dhommah dibaca tebal. Cara membacanya: Fazaadahumullahu maradha. Terdapat dalam Surat Al baqarah ayat 10.

2. Dibaca tipis (Lam jalalah tarqiq) Cara ini dilakukan apabila lam jalalah berada setelah harakat kasrah. Contoh hukum bacaan lam jalalah dibaca tipis. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Lam jalalah setelah huruf kasroh dibaca tipis. Cara membacanya: Bismillahir rakhmaanir rakhiim.

 

Mengetahui,

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 8                                                                                                                     Medan,  13 Desember 2021

                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

(Luliadi SP.d   )                                                                                                                                                  (Andi Syah Putra M.Kom.I

KISI – KISI  SOAL SEMESTER GANJIL

TP. 2020/2021

 

NAMA SEKOLAH              : SMK MUHAMMADIYAH 8  MEDAN              MATA PELAJARAN  : Al Quran

BIDANG KEAHLIAN        : SEMUA BIDANG                                                  KELAS                          : XII

PROGRAM KEAHLIAN    : SEMUA PROGRAM                                            NAMA GURU              : Andi Syah Putra M.Kom.I

KOMP. KEAHLIAN            : SEMUA KOMPETENSI

 

 

NO.

KOMPETENSI

DASAR

 

BAHAN

 KELAS/

SEMESTER

MATERI PEMBELAJARAN

INDIKATOR

SOAL

BENTUK SOAL

 

KET

P.

GANDA

ESSAY

1.

3.15 Menyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berfikir kritis dan bersikap demokratis 

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

·    Makna berfikir kritis dan sikap Demokratis

 

3.15.5 Memahami bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berfikir kritis dan bersikap demokratis 

 

 

2.

3.16 Bersikap kritis dan dan demokratis sesuai dengan pesan Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

Berprilaku mulia sesuai tuntunan Al Quran dan hadis

 

 

3.16.1 menerapkan sikap kritis dan dan demokratis sesuai dengan pesan Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait

 

 

3.

3.17 Menganalisis makna Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis tentang berfikir kritis dan bersikap demokratis.

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

Etos kerja dalam perspekti islam

·    Pengertian etos kerja

·    Etos kerja dari sudut pandang islam 

3.17.9 Menjelaskan Bersikap kritis dan dan demokratis sesuai dengan pesan Q. S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait

 

 

4.

3.18 Membaca  Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159,  sesuai dngan kaidah tajwid dan Makharijul Huruf

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

·    Isi hadis at- thabranitentang Profesinalisme dalam berkerja 

·    Hadis Bukhari tentang etos kerja

 

3.18.3 Menjelaskan Hukum bacaan sesui kaidah Tajwid Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159.

 

 

5.

3.19 Mendemontrasikan hafalan   Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159,  sesuai dngan kaidah tajwid dan Makharijul Huruf

Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah  pendidkan Al Quran Hadis  kelas  X

·    Berprilaku mulia sesuai tuntunan Al Quran dan Hadis

 

3.19.5 Menganalisis makna kandungan Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 8                                                                                                                     Medan,  13 Desember 2021

                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

(Luliadi SP.d   )                                                                                                                                                (Andi Syah Putra M.Kom.I)

 

NASKAH SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN

UJIAN SEMESTER GANJIL TH. AJARAN  2021/2022

 

 

NO SOAL

SOAL

  SKOR/

BOBOT

KUNCI JAWABAN

1. 

Tuliskan makna :

a.       Berfikir Kritis

b.      Sikap Demokratis

 

10

Berpikir kritis : berpikir pada sebuah level yang kompleks dengan menggunakan berbagai proses analisis dan proses evaluasi terhadap informasi yang didapatkan. bersikap 

Demokratis : perilaku seseorang yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi

 

2.

Tuliskan keutamaan berkerja menurut Islam ?

10

keutamaan bekerja keras menurut islam

1. akan mendapatkan kesuksesan.

2. bisa menimbulkan kesenangan.

3 semua yg dilakukan harus dengan ke ikhlasan dan di niatkan semata-mata hanya untuk sang Pencipta.

3.

Tuliskan pegertian etos kerja ?

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

Etos berasal dari bahasa Yunani yang memberikan arti sikap, kepribadian, watak, karakter serta keyakinan atas sesuatu. ... Dalam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok

 

4.

Tuliskan Etos kerja dari sudut pandang Islam ?

 

10

Etos kerja dalam Islam (bagi kaum Muslim) adalah: “Cara pandang yang diyakini seorang Muslim bahwa bekerja itu bukan saja untuk memuliakan dirinya, menampakkan kemanusiaannya, tetapi juga sebagai suatu manifestasi dari amal shaleh dan oleh karenanya mempunyai nilai ibadah yang  baik.

5.

Tuliskan 3 (tiga) upaya yang dapat dilakukan oleh pelajar Muhammadiyah dalam rangka menghindari kecurangan ujian sekolah ?

 

10

1.      1. Belajar dengan giat sebelum ujia

2.      2. Memperhatikan guru pada saat mengajar

3.      3. lebih banyak membaca agar lebih paham materinya

6.

Tuliskan makna  ?

a.       Bersyukur Kepada Allah ?

b.      Berbuat baik (Ihsan) ?

 

10

 

b.      Syukur dan nikmat berasal dari bahasa Arab. ... Mensyukuri nikmat Allah SWT, maksudnya berterima kasih kepada-Nya dengan cara mengingat atau menyebut nikmat dan mengagungkan-Nya

c.       Ihsan adalah menyembah Allah SWT, dengan seolah melihat-Nya. Apabila tidak mampu, maka bayangkan Allah SWT melihat perbuatan kita. Ihsan adalah beribadah dengan ikhlas (baik ibadah khusus maupun umum).


7.

Tuliskan siapakah Uais Alqarni ?

 

10

Uwais al qarni merupakan seorang pemuda yang terkenal dengan perilaku yang sangat mulia karena sangat berbakti kepada ibunya. Uwais al qarni selalu merawat ibunya dengan baik dan dengan sabar. Dalam sekbuah kisah dijelaskan bahwa demi mewujudkan keinginan ibunya untuk haji, uwais menggendong ibunya dari yaman hingga ke ke mekkah. Uwais membawa ibunya di atas gendongannya dan menunaikan semua ibadah haji hingga selesa.

 

 

8.

Tuliskan bagaimana cara kita mensyukuri Nikmat Allah Swt

10

1. Mensyukuri nikmat Allah SWT melalui hati

Cara bersyukur kepada Allah SWT dengan hati maksudnya adalah mengakui, mengimani dan meyakini sepenuh hati bahwa segala bentuk kenikmatan ini datangnya hanya dari Allah.

2. Mensyukuri nikmat Allah SWT melalui lisan

Cara mensyukuri nikmat Allah SWT dengan lisan adalah kita memperbanyak ucapan alhamdulillah (segala puji milik Allah) wasysyukru lillah (dan segala bentuk syukur juga milik Allah SWT).

3. Mensyukuri nikmat Allah SWT melalui perbuatan

Cara mensyukuri nikmat Allah SWT dengan perbuatan yaitu perbuatan dalam bentuk ketaatan kita menjalankan segala apa yang diperintah dan menjauhi segala apa yang dilarangNya

 

9.

Tuliskan Q.S Luqman /31-13 ?

 

10

وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ

 

10.

Tuliskan terjemahnya Q.S Luqman /31-13-14 

 

10

13. Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”

14. "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

 

 

Mengetahui,

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 8                                                                                                                     Medan,  13 Desember 2021

                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

(Luliadi SP.d   )                                                                                                                                             (Andi Syah Putra M.Kom.I)

 


Komentar

Postingan Populer