KISI –
KISI SOAL SEMESTER GANJIL
TP. 2020/2021
NAMA SEKOLAH :
SMK MUHAMMADIYAH 8 MEDAN MATA PELAJARAN : Al Quran
BIDANG KEAHLIAN :
SEMUA BIDANG KELAS : X
PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM NAMA
GURU : Andi Syah Putra
M.Kom.I
KOMP. KEAHLIAN : SEMUA KOMPETENSI
NO. |
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN KELAS/ SEMESTER |
MATERI PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
KET |
|
P. GANDA |
ESSAY |
||||||
1. |
KD-KI
-2 Berprilaku hubungan antara kualitas keimanan dengan control diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzza), dan persaudaraan (ukhuwah). Sesuai dengan pesan Q.S
Al- Hujurat (49) : 10 dan 12 serta
hadis terkait. |
Buku Majlis
Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X
|
·
Menghiasi diri dengan Akhlak terpuji.
|
Memahami makna (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzza), dan persaudaraan (ukhuwah). |
|
√ |
|
2. |
KD-KI-2 Menyajikan hubungan antara kandungan Q.S al –Baqarah
(2):30, adz. Dzaraiat(51): 56 dan An nahl (16): 78 tentang kedudukan manusia
sebagai Abdullah, Khalifatullah fil Ardh dan hadis terkait. |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
·
Makna a.Kontrol diri (mujahadah
an nafs), b.Prasangka baik (husnuzza), c. dan Persaudaraan
(ukhuwah
|
Menerapkan makna a. Abdullah b. Khalifatullah fil Ardh
|
|
√ |
|
3. |
KD-KI-3
Menganalisa Q.S al –Hujurat (49): 10-12; serta hadis tentang control diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzza), dan persaudaraan
(ukhuwah). |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
Taat
beribadah dan khalifah yang amanah |
Menganalisa makna Q.S al Baqarah (2) 30 dan adz (51) : 56 dan an Nahl (16) :76 tentang
kedudukan manusia sebagai abdullah fil ardh |
|
√ |
|
4. |
KD- KI-4 Mendemontrsikan hafalan Q.S Al- Hujurat (49) : 10 dan 12 sesuai dengan kaidah tajwid dan Makharijul Huruf. |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
·
Makna a. Abdullah b. Khalifatullah fil Ardh
|
Membaca Q.S al Baqarah (2) 30 dan
adz (51) : 56 dan an Nahl (16) :76 tentang kedudukan manusia sebagai
abdullah fil ardh dan hadis terkait |
|
√ |
|
5. |
KD-KI-4
membaca hafalan Q.S Al- Hujurat (49) : 10
dan 12 serta hadis terkait dengan fasih dan lancar. |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
Hadis hadsi terkait a. Abdullah b. Khalifatullah fil Ardh
|
Menyajikan
hubungan antara kandungan Q.S al Baqarah (2) 30 dan adz (51) : 56 dan an Nahl (16) :76 tentang
kedudukan manusia sebagai abdullah fil ardh dan hadis terkait |
|
√ |
|
Mengetahui,
Kepala SMK
Muhammadiyah 8 Medan, 13 Desember 2021
Guru
Mata Pelajaran,
(Luliadi SP.d ) (Andi Syah Putra M.Kom.I)
NASKAH
SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN
UJIAN SEMESTER
GANJIL TH. AJARAN 2021/2022
Mengetahui,
Mengetahui,
Kepala SMK
Muhammadiyah 8 Medan, 13 Desember 2021
Guru
Mata Pelajaran,
(Luliadi SP.d ) (Andi Syah Putra M.Kom.I)
KISI –
KISI SOAL SEMESTER GANJIL
TP. 2020/2021
NAMA SEKOLAH :
SMK MUHAMMADIYAH 8 MEDAN MATA PELAJARAN : Al Quran
BIDANG KEAHLIAN :
SEMUA BIDANG KELAS : XI
PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM NAMA
GURU : Andi Syah Putra
M.Kom.I
KOMP. KEAHLIAN : SEMUA KOMPETENSI
NO. |
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN KELAS/ SEMESTER |
MATERI PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
KET |
|
P. GANDA |
ESSAY |
||||||
1. |
Terbiasa
membaca Al Quran dengan menyakini bahwa mentaati aturan,tanggung
jawab,berkopetensi dalam kebaikan dan kerja keras adalah perintah agama. |
Buku Majlis
Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas
XI |
· Menjadi
pribadi Muslim yang Taat, Kompetitif dan perkrja keras Q.S
al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59. |
Memahami Tanda
kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta Q.S al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44,
ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait |
|
√ |
|
2. |
Menganalisa Q.S
al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59 dan Q.S at-Taubah/9:105 tentang taat aturan,tanggung jawab,berkopetensi dalam
kebaikan dan kerja keras serta hadis |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas XI |
Menjadi
pribadi Muslim yang Taat, Kompetitif dan perkrja keras Q.S
at-Taubah/9:105 serta hadis terkait.
|
Menerapkan Tanda
kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta dalam kehidupan sehari hari
Q.S al-Jasiyah/45:12-13, al
Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait |
|
√ |
|
3. |
Membaca
Q.S al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59 dan Q.S at-Taubah/9:105 sesuai dengan kaidah tajwid dan Mkharijul
Huruf |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas XI |
·
Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam
semesta Q.S al-Jasiyah/45:12-13, al
Ankabut/29:44. |
Menjelaskan Tanda kekuasaan Allah dalam penciptaan Alam semesta Q.S al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44,
ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait |
|
√ |
|
4. |
Berprilaku
taat aturan,tanggung
jawab,berkopetensi dalam kebaikan dan kerja keras serta hadis terkait |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas XI |
Tanda kekuasaan
Allah dalam penciptaan Alam semesta, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis
terkait |
Menerapkan hukum bacaan dalam membaca a Q.S al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44,
ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait |
|
√ |
|
5. |
Mendemontrasikan
hafala Q.S al- Maidah /5: 48,Q.S an Nisa/4:59 dan Q.S at-Taubah/9:105 dengan
fasih dan Lancar |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas XI |
·
Membaca
Q.S al-Jasiyah/45:12-13, al
Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4 dan hadis terkait sesuai dengan
kaidah Tajwid dan Makharijul Huruf |
Menganalisis Kandungan ayat Q.S
al-Jasiyah/45:12-13, al Ankabut/29:44, ar-Rum/30:8, as-Sajadah/32:4
dan hadis terkait |
|
√ |
|
Mengetahui,
Kepala SMK
Muhammadiyah 8 Medan, 13 Desember 2021
Guru
Mata Pelajaran,
(Luliadi SP.d ) (Andi Syah Putra M.Kom.I)
NASKAH
SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN
UJIAN
SEMESTER GANJIL TH. AJARAN 2021/2022
NO SOAL |
SOAL |
SKOR/ BOBOT |
KUNCI JAWABAN |
1. |
Tuliskan kembali Q.S at Taubah/9:105 ? |
10 |
Q.S At-Taubah ayat 105 sebagai berikut, 105. Dan
katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu
juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada
(Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada
kamu apa yang telah kamu kerjakan.”
|
2. |
Berdasarkan
Q.S at Taubah/9:105 tuliskan sikap dan prilaku dalam kehidupan sehari hari
yang harus dimiliki pelajar muhammadiyah ? |
10 |
·
Menjadikan segala
bentuk aktifitas kehidupan di dunia baik ketika bekerja maupun belajar guna
menambah keimanan serta ketakwaan terhadap Allah SWT. ·
Menciptakan atau
memperoleh pekerjaan yang halal dan tidak melanggar aturan agama Islam. ·
Senantiasa
berikhtiar dengan sungguh-sungguh atas apa yang ingin diupayakan. ·
Mengimani segala hal
dan bentuk yang nyata maupun ghaib. ·
Mempersiapkan bekal
kematian dengan sebaik mungkin. ·
Berlomba-lomba dalam
berbuat kebaikan. ·
Menghindari perilaku
malas dan sejenisnya. |
3. |
Berdasarkan
isi hadis H.R. muttafaqun ‘Alaihi tentang kerja keras tuliskan dan prilaku
dalam kehidupan sehari hari yang harus dimiliki pelajar muhammadiyah ? |
10 |
-Semakin
giat beribadah dan semakin banyak kita menerima nikmat Allah maka semakin
giat kita beribadah |
4. |
Jelaskan
isi kandungan Q.S’/4:59? |
10 |
· Orang-orang yang beriman wajib taat kepada Allah dan Rasulullah secara mutlak. Yakni mengamalkan Al Quran dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. · Wajib taat kepada ulil amri selama tidak bertentangan dengan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika ulil amri memerintahkan sesuatu yang bertentangan dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah atau untuk bermaksiat kepada Allah, maka tidak ada kewajiban taat kepadanya. · Al Quran dan hadits adalah sumber hukum Islam. Ketika ada hal-hal yang diperselisihkan, harus dikembalikan kepada keduanya. · Menjadikan Al Quran dan hadits sebagai sumber hukum dan mengembalikan kepada penilaian keduanya ketika terjadi perselisihan adalah bukti keimanan. Orang yang tidak mau menjadikan Al Quran dan hadits sebagai hakimnya, keimanannya dipertanyakan. ·
Kembali kepada Al Quran dan hadits akan
menghasilkan penyelesaian yang lebih baik dan membawa keberkahan. |
5. |
Sebutkan
15 huruf ikhfa ? |
10 |
-kaf ( ك ), |
6. |
Jelaskan apa pendapatmu tentang fenomena oknum
pelajar muhammadiyah yang masih sering meninggalkan shalat 5 waktu ? |
10 |
Dalam Surah an-Nisa pada ayat 59 menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman harus menjalankan sholat 5 waktu. Barangsiapa yang meninggalkan sholatnya maka dia akan celaka dan kalau kita menjalankannya maka kita akan di beri kemulian. Shalat adalah kewajiban bagimu yang tidak dapat dikerjakan orang lain untuk dirimu. |
7. |
Tuliskan
Q.S Ar Rum/30:8 beserta terjemahnya nya ? |
10 |
8. Dan mengapa
mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak
menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan
dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya
kebanyakan di antara manusia benar-benar mengingkari pertemuan dengan
Tuhannya. |
8. |
Berdasarkan
Q.S Ar Rum/30:8 tuliskan sikap dan prilaku dalam kehidupan sehari hari yang
harus dimiliki pelajar muhammadiyah ? |
10 |
Allah tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan |
9. |
Jelaskan
hikmah dari penciptaan langit, bumi dan segala sesuatu diantara keduanya
dalam 6 hari ?
|
10 |
Hikmah dari penciptaan langit dan bumi dan segala sesuatu di antara keduanya dalam 6 hari adalah agar manusia berpikir, dan agar manusia itu dapat mensyukuri segala ciptaan Allah SWT. |
10. |
Jelaskan 2 hukum tajwid membaca lamjalah atau lafazd Allah ? |
10 |
1. Dibaca tebal (Lam jalalah tafkhim)
Cara ini dilakukan apabila lam jalalah berada di awal kalimat, setelah harakat fathah, atau setelah harakat
damah. Contoh hukum bacaan lam jalalah tafkhim: اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا
هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ Lam jalalah berada di awal kalimat setelah harkat
fathah dibaca tafkhim. Cara
membacanya: Allahu laailaaha illa huwal khayyul qayyum. Terdapat dalam Surat
Ali Imran ayat 2. وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ ذُو انْتِقَامٍۗ Dibaca: Wallahu 'azizun
dzungtiqoom. Surat Ali Imran ayat 4. فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ Lam jalaln
berada di tengah setelah huruf dhommah dibaca tebal. Cara membacanya: Fazaadahumullahu
maradha. Terdapat dalam Surat Al baqarah ayat 10. 2. Dibaca tipis (Lam jalalah tarqiq) Cara ini
dilakukan apabila lam jalalah berada setelah harakat kasrah. Contoh hukum
bacaan lam jalalah dibaca tipis. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Lam
jalalah setelah huruf kasroh dibaca tipis. Cara membacanya: Bismillahir
rakhmaanir rakhiim. |
Mengetahui,
Mengetahui,
Kepala SMK
Muhammadiyah 8 Medan, 13 Desember 2021
Guru
Mata Pelajaran,
(Luliadi SP.d ) (Andi Syah Putra M.Kom.I
KISI –
KISI SOAL SEMESTER GANJIL
TP. 2020/2021
NAMA SEKOLAH :
SMK MUHAMMADIYAH 8 MEDAN MATA PELAJARAN : Al Quran
BIDANG KEAHLIAN :
SEMUA BIDANG KELAS : XII
PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM NAMA
GURU : Andi Syah Putra
M.Kom.I
KOMP. KEAHLIAN : SEMUA KOMPETENSI
NO. |
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN KELAS/ SEMESTER |
MATERI PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
KET |
|
P. GANDA |
ESSAY |
||||||
1. |
3.15
Menyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk
berfikir kritis dan bersikap demokratis
|
Buku Majlis
Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas
X |
·
Makna berfikir kritis dan sikap Demokratis
|
3.15.5 Memahami bahwa agama mengajarkan kepada
umatnya untuk berfikir kritis dan bersikap demokratis |
|
√ |
|
2. |
3.16 Bersikap kritis dan dan demokratis sesuai dengan pesan Ali
Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
Berprilaku
mulia sesuai tuntunan Al Quran dan hadis
|
3.16.1
menerapkan sikap kritis dan dan demokratis sesuai dengan pesan Ali Imran/3:190-191,
dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait |
|
√ |
|
3. |
3.17
Menganalisis makna Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali
Imran/3 : 159, serta hadis tentang berfikir kritis dan bersikap demokratis. |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
Etos kerja
dalam perspekti islam ·
Pengertian etos kerja ·
Etos kerja dari sudut pandang islam |
3.17.9 Menjelaskan Bersikap kritis dan dan demokratis sesuai dengan pesan Q. S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait |
|
√ |
|
4. |
3.18
Membaca Q.S Ali
Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159,
sesuai dngan kaidah tajwid dan Makharijul Huruf |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
·
Isi hadis at- thabranitentang Profesinalisme
dalam berkerja ·
Hadis Bukhari tentang etos kerja
|
3.18.3 Menjelaskan Hukum bacaan sesui kaidah
Tajwid Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159. |
|
√ |
|
5. |
3.19
Mendemontrasikan hafalan Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3
: 159, sesuai dngan kaidah tajwid dan
Makharijul Huruf |
Buku Majlis Pendidikan dasar dan menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pendidkan Al Quran Hadis kelas X |
·
Berprilaku mulia sesuai tuntunan Al Quran dan
Hadis |
3.19.5 Menganalisis makna kandungan Q.S Ali Imran/3:190-191, dan Q.s Ali Imran/3 : 159, serta hadis terkait |
|
√ |
|
Mengetahui,
Kepala SMK
Muhammadiyah 8 Medan, 13 Desember 2021
Guru
Mata Pelajaran,
(Luliadi SP.d ) (Andi Syah Putra M.Kom.I)
NASKAH
SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN
UJIAN
SEMESTER GANJIL TH. AJARAN 2021/2022
NO SOAL |
SOAL |
SKOR/ BOBOT |
KUNCI JAWABAN |
1. |
Tuliskan makna : a.
Berfikir Kritis b.
Sikap Demokratis
|
10 |
Berpikir kritis : berpikir pada sebuah level yang kompleks
dengan menggunakan berbagai proses analisis dan proses evaluasi terhadap
informasi yang didapatkan. bersikap Demokratis : perilaku seseorang yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi |
2. |
Tuliskan keutamaan berkerja menurut Islam ? |
10 |
3 keutamaan bekerja keras menurut islam 1. akan mendapatkan kesuksesan. 2. bisa menimbulkan kesenangan. 3 semua yg dilakukan harus dengan ke ikhlasan dan di niatkan semata-mata hanya untuk sang Pencipta. |
3. |
Tuliskan pegertian etos kerja ?
|
10 |
Etos berasal dari bahasa Yunani yang memberikan arti sikap, kepribadian, watak, karakter serta keyakinan atas sesuatu. ... Dalam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok |
4. |
Tuliskan Etos kerja dari sudut pandang Islam ?
|
10 |
Etos kerja dalam Islam (bagi
kaum Muslim) adalah: “Cara pandang yang diyakini seorang
Muslim bahwa bekerja itu bukan saja untuk memuliakan dirinya, menampakkan
kemanusiaannya, tetapi juga sebagai suatu manifestasi dari amal shaleh dan oleh
karenanya mempunyai nilai ibadah yang baik. |
5. |
Tuliskan 3 (tiga) upaya yang dapat dilakukan oleh
pelajar Muhammadiyah dalam rangka menghindari kecurangan ujian sekolah ?
|
10 |
1.
1. Belajar dengan
giat sebelum ujia 2.
2. Memperhatikan
guru pada saat mengajar 3.
3. lebih banyak
membaca agar lebih paham materinya |
6. |
Tuliskan
makna ? a.
Bersyukur Kepada Allah ? b.
Berbuat baik (Ihsan)
?
|
10 |
b.
Syukur dan nikmat berasal
dari bahasa Arab. ... Mensyukuri
nikmat Allah SWT, maksudnya berterima kasih kepada-Nya dengan cara mengingat
atau menyebut nikmat dan
mengagungkan-Nya c.
Ihsan adalah menyembah Allah
SWT, dengan seolah melihat-Nya. Apabila tidak mampu, maka bayangkan Allah SWT
melihat perbuatan kita. Ihsan adalah beribadah dengan ikhlas (baik ibadah
khusus maupun umum). |
7. |
Tuliskan siapakah Uais Alqarni ?
|
10 |
Uwais al qarni merupakan seorang pemuda yang terkenal dengan perilaku yang sangat mulia karena sangat berbakti kepada ibunya. Uwais al qarni selalu merawat ibunya dengan baik dan dengan sabar. Dalam sekbuah kisah dijelaskan bahwa demi mewujudkan keinginan ibunya untuk haji, uwais menggendong ibunya dari yaman hingga ke ke mekkah. Uwais membawa ibunya di atas gendongannya dan menunaikan semua ibadah haji hingga selesa.
|
8. |
Tuliskan bagaimana cara kita mensyukuri Nikmat Allah Swt |
10 |
1.
Mensyukuri nikmat Allah SWT melalui hati Cara
bersyukur kepada Allah SWT dengan hati maksudnya adalah mengakui, mengimani
dan meyakini sepenuh hati bahwa segala bentuk kenikmatan ini datangnya hanya
dari Allah. 2.
Mensyukuri nikmat Allah SWT melalui lisan Cara
mensyukuri nikmat Allah SWT dengan lisan adalah kita memperbanyak ucapan
alhamdulillah (segala puji milik Allah) wasysyukru lillah (dan segala bentuk
syukur juga milik Allah SWT). 3.
Mensyukuri nikmat Allah SWT melalui perbuatan Cara
mensyukuri nikmat Allah SWT dengan perbuatan yaitu perbuatan dalam bentuk
ketaatan kita menjalankan segala apa yang diperintah dan menjauhi segala apa
yang dilarangNya |
9. |
Tuliskan Q.S Luqman /31-13 ?
|
10 |
وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا
تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ |
10. |
Tuliskan terjemahnya Q.S Luqman /31-13-14
|
10 |
13.
Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi
pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah,
sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang
besar.” 14. "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat
baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan
lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah
kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah
kembalimu." |
Mengetahui,
Mengetahui,
Kepala SMK
Muhammadiyah 8 Medan, 13 Desember 2021
Guru
Mata Pelajaran,
(Luliadi SP.d ) (Andi Syah Putra M.Kom.I)
Komentar
Posting Komentar